Monday, July 30, 2018

Elastisitas



Widiyaningrum
7101412235
Pend. Ekonomi Koperasi
 


ELASTISITAS

Dalam hukum permintaan diketahui bahwa, jika harga naik maka permintaan turun,dan jika harga turun maka permintaan akan naik. Peningkatan
yang besar dalam jumlah penjualan akan meningkatkan penerimaan, tapi peningkatan yang kecil sebenarnyamungkin mengurangi penerimaan karena harga barang-barang harga yang dijual sudah diturunkan.
Elastisitas yaitu konsep umum yang bisa digunakan untukmengkuantifikasi respon atau tanggapan suatu variabel ketika variabel lain berubah.


Elastisitas A terhadap B = %A
%B
 







A. ELASTISITAS HARGA TERHADAP PERMINTAAN
Cateris Paribus, ketika harga naik, kuantitas yang diminta bisa diperkirakan akan turun. Ketika harga turun, kuantitas yang diminta bisa diperkirakan meningkat. Hubungan negatif normal antara harga dan kuantitas yang diminta dicerminkan dalam slope menurun kurva permintaa.

Slope Dan Elastisitas
Slope kurva permintaan kira-kira bisa dikatakan sebagai tanggapan kuantitas yang diminta terhadap peubahan harga, tapi slope bisa menyesatkan.
Nilai angka slope tergantung pada unit yang digunakan untuk mengukur variabel pada sumbu. Untuk mengatasi masalah ini, kita harus mengkonvensi perubahan harga dan kuantitas menjadi persentase.
Elastisitas harga permintaan sebagai rasio perubahan persentase kuantitas yang diminta terhadap perubahan persentase harga.
 




Hukum permintaan menyiratkan bahwa elastisitas harga permintaan hampir selalu merupakan angka negatif: Harga meningkat (+) akan mengakibatkan penurunan kuantitas yang diminta (-), dan sebaliknya.

Tipe Elastisitas
Ketika kuantitas yang diminta tidak tanggap sama sekali atas perubahan harga, perubahan persentase dalam kuantitas yang diminta akan nol, dan elastisitasnya adalah nol.
Permintaan inelastis sempurna yaitu permintaan dimana kuantitas yang diminta tidak tanggap sama sekali terhadap perubahan dalam harga.
 Ketika suatu produk memiliki elastisitas antara nol dan -1, kits kstsksn bahwa permintaanya inelastis. Permintaan inelastis dapat diartikan bahwa ada sedikit tanggapan permintaan, tapi tidak terlalu besar terhadap harga.
Ketika perubahan persentase kuantitas produk yang diminta sama dengan peruahan persentase harga dalam nilai absolut, kita katakan bahwa permintaan produk itu memiliki elastisitas uniter. Elastisitas ini bernilai minus satu (-1).
Ketika perubahan persentase kuantitas yang diminta lebih besar daripada perubahan persentase dalam harga pada ukuran absolut, maka permintaan tersebut dikatakan elastis. Ketika nilai absolut elasisitas melebihi 1, permintaannya elastis.
Jika peningkatan kecil terjadi pada harga suatu produk, kuantitas yang diminta akan jatuh ke nol, ini dikatakan elastis sempurna.


B. MENGHITUNG ELASTISITAS

Menghitung Perubahan Persentase
Menghitung perubahan persentase digunakan untuk menghitung persentase. Untuk menghitung Perubahan Persentase dimulai dengan menghitung perubahan persentase kuantitas yang diminta, dengan rumus:
 







% perubahan harga = perubahan harga
                                                                          P1        x 100%
  = P2 - PI
  P1   x 100%
 
Menghitung perubahan presentase harga:







Elastisitas Adalah Rasio Persentase
 




Rumus Titik Tengah (Midpoint)

% perubahan kuantitas yang diminta = perubahan kuantitas yang diminta
      (Q1+Q2)/2          x 100%
  =  Q2 - Q1
    (Q1 + Q2)/2 x 100%
 
Rumus titik tengah yaitu suatu cara yang akurat untuk menghitungpresentase dengan menggunakan nilai pertengahan antara P1 dan P2 sebagi dasar untuk menghitung perubahan presentase harga,dan nilai pertengahan antara Q1 dan Q2 sebagai dasar untuk menghitung perubahan persentase kuantitas yang diminta, rumus titik tengah untuk menghitung perubahan persentase dalam kuantitas yang diminta menjadi:






% perubahan harga = perubahan harga
  (P1+P2)/2    x100%
  =   P2-P1
     (P1+P2)/2  x100%
 
Dengan menggunakan titik di tengah antara P1 dan P2 sebagai dasar menggitung perubahan persentase harga, mendapatkan rumus:






Elastisitas berubah di sepanjang kurva permintaan garis lurus
Elastisitas berubah dari titik ke titik di sepanjang suatu kurva permintan meskipun slope kurva permintaan itu tidak berubah, bahkan di sepanjang kurva permintaan garis lurus.

Elastisitas Dan Penerimaan Total
Rumus total penerimaan

TR = P x Q
Total penerimaan = harga x kuantitas
 

Efek perubahan harga pada kuantitas yang diminta
P↑ → Q
Dan
P↓ → Q↑
 

Efek peningkatan harga atas suatu produk dengan permintaan inelastis
↑P x Q↓ = TR↑
 

Efek peningkatan harga atas suatu produk dengan permintaan elastis
↑P x Q↓ = TR↓
 

Efek pemotongan harga atas suatu produk dengan permintaan elastis
↓P x Q↑ = TR↑
 

Efek pemotongan harga atas suatu produk dengan permintaan inelastis
↓P x Q↑ = TR↓
 
 


























C. PENENTU ELASTISITAS PERMINTAAN

Elastisitas permintaan adalah cara untuk mengukur kecepatan respons permintaan konsumen terhadap perubahan harga. Penentu elastisitas permintaan yaitu pada keinginan dan kemauan untuk memiliki suatu produk.

Ketersediaan Barang Substitusi
Faktor yang paling jelas mempengaruhi elastisitas permintaan adalah ketersediaan barang substitusi. Banyaknya barang substitusi semakin elastis karena kemungkinan untuk mengganti barang yang sejenis lebih longgar.

Pentingnya Hal-Hal Yang Tidak Penting
Ketika suatu barang hanya menempati bagian yang kecil dari total anggaran, kita cenderung memberi sedikit perhatian pada harga barang itu. Dalam kasus seperti ini, kita tidak cenderung tanggap dengan cepat pada perubahan harga, dan permintaan cenderung inelastis.

Dimensi Waktu
Elastisitas permintaan dalam jangka pendek mungkin sangat berbeda dengan elastisitas permintaan dalam jangka panjang. Dalam jangka panjang, permintaan cenderung menjadi lebih elastis, atau responsif karena rumah tangga melakukan penyesuaian dari waktu ke waktu dan produsen mengembangkan barang substitusi.


D. ELASTISITAS PENTING LAINNYA

Elastisitas Pendapatan Dari Permintaan

Elastisitas pendapatan dari permintaan = %perubahan kuantitas yang diminta
  %perubahan pendapatan
 
Yaitu ukurantanggapan permintaan terhadap perubahan pendapatan.




Elastisitas Harga Silang Dari Permintaan

Elastisitas harga silang dari permintaan = %perubahan kuantitas barang Y yang diminta
  %perubahan harga barang X
 
Yaitu ukuran tanggapan kuantitas suatu barang yang diminta terhadap perubahan dalam harga barang lain





Elastisitas Penawaran

Elastisitas penawaran = % perubahan kuantitas yang ditawarkan
  % perubahan harga
 
yaitu mengukur tanggapan kuantitas barang yang ditawarkan terhadap perubahan dalam harga barang itu. Cenderung positif dalam pasar output.




Elastisitas penawaran tenaga kerja yaitu ukuran tanggapan tenaga kerja yang ditawarkan terhadap perubahan harga tenaga kerja. Dihitung dengan cara persentase perubahan dalam kuantitas tenaga kerja yang ditawarkan dibagi dengan persentase perubahan tingkat upah.


No comments:

Post a Comment